Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 71
Pengunjung Bulan ini : 279
Total Pengunjung : 2469

PETA


GEOGRAFI & GEOFISIKA

1. Letak Kampung

Letak Kampung

Kampung Lesan Dayak adalah salah satu kampung dalam wilayah Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur. Secara Geogras, Kampung Lesan Dayak terletak pada kuadran 117°02'52” dan 117°10'69” Bujur Timur (BT) serta 1°35'51” Lintang Utara (LU) dan 1°45'09” Litang Selatan (LU). 

Arah

Koordinat

Bujur Timur (BT)

117°02’52” dan 117°10’69”

Lintang Selatan (LU)

1°35’51” dan 1°45’09”

2. Orbitasi

Kampung Lesan Dayak merupakan salah satu kampung yang berada dipesisir sungai Kelay seperti kebanyakan kampung-kampung suku dayak lainnya. Jarak ke pusat kecamatan Kelay di kampung SidoBangen adalah  9 km.  Adapun  jarak  ke ibukota  kabupaten  Berau  (Tanjung Redeb) adalah 66 km, biasanya ditempuh selama 3,5-4 jam dengan menggunakan mobil  atau  motor.  Ke  ibu kota  propinsi (Kota Samarinda), jaraknya 240 km dan biasanya ditempuh selama 10-12 jam dengan perjalanan darat menggunakan mobil.

Batas Wilayah Kampung

3. Batas Dan Luas Wilayah

Secara administratif batas dan luas wilayah kampung Lesan Dayak belum di tetapkan secara resmi oleh pemerintah kabupaten Berau dan saat buku ini diterbitkan, pihak pemerintah kabupaten Berau sedang melakukan survey dan negosisasi tentang hal ini. Data tentang batas dan luas wilayah yang dipakai dalam buku ini adalah batas indikatif Rencana Tata  Ruang  &  Wilayah  (RTRW)  kabupaten  Berau tahun 2016-2036.

ARAH BATAS-BATAS
UTARA KAMPUNG MUARA LESAN DAN KAMPUNG LONG GIE
BARAT KAMPUNG MUARA LESAN
SELATAN KAMPUNG MERAPUN
TIMUR KAMPUNG SIDO BANGEN DAN KAMPUNG LONG GIE

Berdasarkan sumber tersebut, kampung Lesan Dayak berbatasan dengan kampung Long Gie dan Kampung Muara Lesan dibagian utara; dengan wilayah kampung Muara Lesan dibagian Barat; dengan wilayah Kampung Merapun dibagian Selatan; dan dengan Kampung SidoBangen dan Kampung Long Gie disebelah timur.

4. Topograpi

Kampung Lesan Dayak berada pada ketinggian antara 37,5 dan 512,5 meter diatas permukaan laut (mdpl) dengan garis-garis kontur yang cukup rapat, membentuk banyak lembah. Jika ditarik garis lurus dari titik rendah (50 mdpl) dipusat pemukiman ke titik tertinggi (512,5 mdpl) di ujung selatan kampung pada sisi timur kawasan Hutan Lindung Sungai Lesan, maka irisan topografi kampung Lesan Dayak akan tampak sebagai berikut:

5. Iklim dan Cuaca

Kampung Lesan Dayak memiliki iklim tropis. Iklim di kampung Lesan Dayak diklasikasikan sebagai Af berdasarkan sistem Köppen- Geiger. Curah hujan paling sedikit terlihat pada Februari. Rata-rata dalam bulan ini adalah 157 mm. Presipitasi paling besar terlihat pada November, dengan rata-rata 257 mm. Suhu adalah tertinggi rata-rata pada oktober, di sekitar 26.7 °C. Suhu terendah dalam setahun terlihat di Januari, saat suhu ini berkisar 26.0 °C

6. Bencana Alam

Dikarenakan pusat pemukiman kampung Lesan dayak yang tepat berada dipinggiran sungai, maka salah satu bencana alam yang sering terjadi adalah banjir. Hal ini terjadi disebabkan meluapnya air sungai kelay saat musim penghujan. Area banjir mencangkup semua pusat pemukiman Selain itu tanah longsor juga sering terjadi hampir disepanjang jalan masuk utama kampung dari jalan poros Samarinda-Berau menuju pusat pemukiman kampung.