Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 71
Pengunjung Bulan ini : 279
Total Pengunjung : 2469

PROFIL DESA


Kampung Lesan Dayak adalah salah satu kampung dalam wilayah Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur. Secara Geografis, Kampung Lesan Dayak terletak pada kuadran 117°02'52” dan 117°10'69” Bujur Timur (BT) serta 1°35'51” Lintang Utara (LU) dan 1°45'09” Lintang Selatan (LU). 

Kampung Lesan Dayak merupakan salah satu kampung yang berada dipinggiran sungai Kelay seperti kebanyakan kampung-kampung suku dayak lainnya. Jarak ke pusat kecamatan Kelay di kampung Sido Bangen adalah 15 km. Adapun jarak ke ibukota kabupaten Berau (Tanjung Redeb) adalah 90 km, biasanya ditempuh selama 3,5-4 jam dengan menggunakan mobil atau motor. Ke ibu kota propinsi (Kota Samarinda), jaraknya 450 km dan biasanya ditempuh selama 10-12 jam dengan perjalanan darat menggunakan mobil.

Kampung Lesan Dayak sendiri merupakan salah satu kampung yang memiliki potensi ekowisata. Adapun ekowisata yang dimiliki oleh Kampung Lesan Dayak ialah Hutan Lindung Sungai Lesan (HLSL). Daya tarik dari wisata HLSL ini yaitu Air Terjun Gorilla dengan padanya panorama alam yang indah, Menara Pohon, Jeram Sungai Ngeluy, Pengenalan pantau satwa, Habitat orangutan, Tegakan ulin, Statisun riset Lejak dan budaya penduduk asli Dayak Gaai, dan lain-lain. Hingga saat ini sebanyak 150 touris telah berkunjung ke  Kampung Lesan Dayak. Adapun pengelolaan ekowisata Kampung Lesan Dayak sendiri dilakukan oleh Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) yang dibantu oleh OWT.